Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Selasa, 08 Maret 2016

Amalan Wanita Haid Ketika Terjadi Gerhana

Pertanyaan: Assalamualaikum wr.wb ustadz.. Afwan ana langsung japri, karena kalau bertanya di grup tanya jawab di telegram takut ustadz belum buka grup.

Pertanyaan ana ustadz, adakan amalan-amalan khusus yang bisa dikerjakan oleh wanita yang sedang haid ketika gerhana matahari besok? Jazakallah khair ustadz..

(Pitria)

Jawaban:

Wa’laikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh..

Kebanyakan dari kita sudah mengetahui bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kita untuk melakukan shalat ketika terjadinya gerhana. Namun bagaimana dengan wanita haid yang tidak boleh melakukan shalat di masa haidnya? Adakah amalan lain yang boleh dia lakukan?

Jawabannya tentu ada. Mari kita simak hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ، يُخَوِّفُ اللهُ بِهِمَا عِبَادَهُ، وَإِنَّهُمَا لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ مِنَ النَّاسِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ مِنْهَا شَيْئًا فَصَلُّوا، وَادْعُوا اللهَ حَتَّى يُكْشَفَ مَا بِكُمْ

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah tanda dari tanda-tanda Allah, yang mana Allah menakuti hamba-hambaNya dengan keduanya. Dan sesungguhnya tidaklah terjadi gerhana karena kematian seseorang dari manusia. Jika kalian melihat terjadinya gerhana, maka shalatlah. Dan berdoalah kepada Allah hingga gerhana selesai” (HR. Bukhari Muslim)

Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

فَإِذَا رَأَيْتُمْ مِنْهَا شَيْئًا، فَافْزَعُوا إِلَى ذِكْرِهِ، وَدُعَائِهِ، وَاسْتِغْفَارِهِ

“Jika engkau melihat gerhana, maka segeralah untuk dzikir kepada Allah dan berdoa kepadanya dan beristighfar kepadaNya” (HR. Muslim)

Jadi, terdapat amalan ibadah selain shalat yang dapat dilakukan oleh seorang wanita yang sedang haid ketika gerhana terjadi. Yaitu, berdzikir kepada Allah, berdoa kepadaNya, dan beristighfar kepadaNya sebagaimana yang disebutkan dalam hadits diatas. Allahu a’lam.


-----

Abdurrahman Al-Amiry adalah seorang penuntut ilmu dan pengkaji islam, serta mudir atau pimpinan ponpes Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel. Keseharian beliau adalah mengajar dan berdakwah di jalan Allah. Beliau menghabiskan waktu paginya dengan mengajar para santri dan menghabiskan waktu malam dengan berdakwah lepas di berbagai masjid..

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Me

Adress

Ma'had Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel

Phone number

+62 89520172737 (Admin 'Lia')

Website

www.abdurrahmanalamiry.com