Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Kamis, 03 Agustus 2023

Kabar Seputar Dajjal: Siapakah Dajjal?

a. Siapakah Dajjal?
 
Dajjal (دجال) diambil dari kata bahasa arab  yang artinya adalah pendusta. Kata dasar dajjal adalah dajlun yang artinya adalah menutupi. Hal ini dikarenakan dajjal selalu menutupi kebenaran dengan kebatilan sehingga banyak ummat manusia yang tertipu oleh mereka. Para dajjal akan banyak bermunculan di zaman sekarang, hampir rata-rata dari mereka banyak yang mengklaim bahwa dirinya adalah nabi yang mendapatkan wahyu dari Allah ta’ala.
 
Jumlah dajjal yang memiliki pengaruh besar, jumlahnya kurang lebih sebanyak 30 orang.  Dan pemimpin mereka adalah Al-Masih Ad-Dajjal yang nantinya akan dibunuh oleh Isa bin Maryam alaihissalam.
 
Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
 
لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُبْعَثَ دَجَّالُونَ كَذَّابُونَ قَرِيبٌ مِنْ ثَلَاثِينَ، كُلُّهُمْ يَزْعُمُ أَنَّهُ رَسُولُ اللهِ
 
“Tidak akan terjadi hari kiamat sampai muncul para dajjal pendusta. Jumlah mereka sekitar 30 orang. Semuanya mengaku-ngaku sebagai utusan Allah” (HR. Bukhari no. 2239)
 
Dan dalam riwayat shahih lainnya, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
 
يَكُونُ فِي آخِرِ الزَّمَانِ دَجَّالُونَ كَذَّابُونَ، يَأْتُونَكُمْ مِنَ الْأَحَادِيثِ بِمَا لَمْ تَسْمَعُوا أَنْتُمْ، وَلَا آبَاؤُكُمْ، فَإِيَّاكُمْ وَإِيَّاهُمْ، لَا يُضِلُّونَكُمْ، وَلَا يَفْتِنُونَكُمْ
 
“Akan muncul di akhir zaman para dajjal nan pendusta. Mereka datang kepada kalian membawa hadits-hadits yang mana kalian tidak pernah mendengarnya begitu pula dengan nenek moyang kalian juga belum pernah mendengarnya. Maka hati-hati kalian dari mereka. Jangan sampai mereka membuat kalian tersesatkan dan jangan sampai mereka membuatkan kalian terfitnah” (HR. Muslim no. 7)
 
Ibnu Hajar rahimahullah berkata:
 
أمَّا الذي يَدَّعيه فإنَّه يَخرُجُ أوَّلًا فيَدَّعي الإيمانَ والصَّلاحَ، ثُمَّ يَدَّعي النُّبوَّةَ، ثُمَّ يَدَّعي الإلهيَّةَ
 
“Adapun yang diklaim oleh dajjal adalah ia akan muncul di awal-awal dengan mengklaim sebagai orang yang beriman dan ia mengklaim sebagai orang yang memperbaiki kondisi manusia. Kemudian ia mengklaim dirinya sebagai nabi kemudian ia mengklaim dirinya sebagai tuhan” (Fath Al-Bâri 13/91)
 
Dan apa yang diucapkan oleh ibnu Hajar rahimahullah sudah terjadi bahkan hal itu terjadi di negara kita yaitu Indonesia. Dengan tokoh pendusta mereka yaitu Lia Eden yang sempat ditangkap oleh polisi karena penodaan terhadap ajaran agama. Mulanya, Lia Eden hanya mengaku sebagai nabi karena mendapatkan wahyu dari Malaikat Jibril. Kemudian akhirnya ia membuat agama sendiri yaitu Salamullah. Konsep ini akan terus terulang dan tidak akan berhenti hingga hari kiamat. Dan Lia Eden termasuk sebagai dajjal yang artinya pendusta, namun bukan pembesar dajjal yang berjumlah 30 orang sebagaimana yang disebutkan oleh nabi shallallahu alaihi wa sallam. Dikarenakan fitnah Lia Eden tidak terlalu besar sebagaimana dajjal-dajjal yang lainnya.
 
Contoh dajjal kecil lainnya adalah Ahmad Musadeq warga negara Indonesia yang mengaku sebagai nabi di tahun 2006 silam. Dan nabi palsu ini akhirnya dipenjarakan karena meresahkan masyarakat. Klaim nabi ini lah yang dilakukan oleh dajjal-dajjal lainnya. Namun ada dajjal yang pengaruhnya besar dan ada dajjal yang pengaruhnya tidak terlalu besar.
 
Contoh seorang dajjal yang mana bahayanya sampai mendunia adalah Mirza Ghulam Ahmad. Dia mengaku sebagai nabi dan memiliki banyak pengikut dari berbagai negara, termasuk pengikutnya dari Indonesia. Bahkan dia mengaku sebagai Yesus kedua dan Al Mahdi. Pengikut Ahmadiyyah tidak terlalu pesat di negara kita dikarenakan sudah banyak para ulama yang mewanti-wanti ummat islam dari keyakinan mereka yang sangat berbahaya. Terutama lembaga Majlis Ulama Indonesia atau MUI telah memberikan pernyataan bahwa Ahmadiyah adalah aliran sesat yang menisbahkan ajarannya kepada agama islam.
 
Perlu diketahui, dari semua dajjal yang ada di atas muka bumi, maka hanya ada satu dajjal yang fitnahnya sangat besar sekali sehingga ia memiliki banyak pengikut. Ia adalah Al-Masih Ad-Dajjal. Dan ia akan keluar di akhir zaman sebelum terjadinya hari kiamat untuk mengajak ummat manusia kepada kekufuran. Semua penjuru bumi dia lewati kecuali 2 tempat yaitu Mekkah dan Madinah. Dan hal ini akan kita jelaskan secara khusus pada babnya secara tersendiri, insya Allah.

Bersambung...

Penulis: Abdurrahman Al-Amiry (Mudir Ponpes Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel)

Abdurrahman Al-Amiry adalah seorang penuntut ilmu dan pengkaji islam, serta mudir atau pimpinan ponpes Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel. Keseharian beliau adalah mengajar dan berdakwah di jalan Allah. Beliau menghabiskan waktu paginya dengan mengajar para santri dan menghabiskan waktu malam dengan berdakwah lepas di berbagai masjid..

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Me

Adress

Ma'had Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel

Phone number

+62 89520172737 (Admin 'Lia')

Website

www.abdurrahmanalamiry.com