Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Sabtu, 19 Agustus 2023

Kabar Seputar Dajjal: Fitnah Dajjal


b. Fitnah Dajjal

Dajjal memiliki fitnah yang sangat besar sekali, sehingga semua nabi mengingatkan ummatnya akan bahaya Al-Masih Ad-Dajjal. Hal ini sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Ibnu Umar radhiyallahu anhu berkata:

قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي النَّاسِ فَأَثْنَى عَلَى اللَّهِ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ ثُمَّ ذَكَرَ الدَّجَّالَ فَقَالَ: " إِنِّي لَأُنْذِرُكُمُوهُ، وَمَا مِنْ نَبِيٍّ إِلَّا أَنْذَرَهُ قَوْمَهُ، لَقَدْ أَنْذَرَ نُوحٌ قَوْمَهُ، وَلَكِنِّي أَقُولُ لَكُمْ فِيهِ قَوْلًا لَمْ يَقُلْهُ نَبِيٌّ لِقَوْمِهِ: تَعْلَمُونَ أَنَّهُ أَعْوَرُ، وَأَنَّ اللَّهَ لَيْسَ بِأَعْوَرَ

“Rasulullah berdiri di hadapan manusia, kemudian beliau memuji Allah sebagaimana Allah layak untuk dipuji. Kemudian beliau menyebutkan perihal dajjal. Dan beliau bersabda: “Sesungguhnya aku mewanti-wanti kalian darinya. Dan tidaklah ada seorang nabi kecuali ia akan mengingatkan kaumnya dari Dajjal. Dan nabi Nuh telah megingatkan ummatnya dari Dajjal. Namun aku ucapkan untuk kalian mengenai dajjal yang mana belum diucapkan oleh satupun nabi untuk kaummnya. Kalian akan mengenalnya sebagai A'war (bermata picek) dan sesungguhnya Allah tidaklah A’war” (HR. Bukhari no. 3337)

A’war adalah pemilik mata dua, namun mata yang satunya dalam kondisi cacat atau picek.

Semua para nabi mengingatkan akan bahaya dajjal dikarenakan fitnah dajjal begitu besar. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

ما بينَ خَلقِ آدَم إلى قيامِ السَّاعةِ خَلقٌ أكبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

“Tidak ada satupun makhluk sejak diciptakan Adam hingga terjadinya hari kiamat yang fitnahnya lebih besar dibandingkan dajjal” (HR. Muslim no. 2946)

Dalam riwayat yang lain, rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ

“Dan sesungguhnya di dahinya tertulis كافر kafir” (HR. Bukhari no. 7131)

Secara ringkas, fitnah dajjal sebagaimana yang disebutkan oleh para ulama yang tergabung dalam web Ad-Durar As-Saniyyah yang dibina oleh syaikh Alawi bin Abdil Qadir As-Saqqaf -hafidzahullah-:

وهو شَخصٌ مِن بَني آدَمَ، يَدَّعي الأُلوهيَّةَ، أَقْدَرَه اللهُ على أشياءَ مِن خَوارِقِ العاداتِ؛ مِن إحياءِ المَيِّتِ الَّذي يَقتُلُه، وظُهورِ زهرةِ الدُّنيا والخِصْبِ معه، وجَنَّتِه ونارِه، ونَهْرَيْه اللَّذينِ معه، واتِّباعِ كُنُوزِ الأرضِ له، وأَمْرِه السَّماءَ أن تُمْطِرَ فتُمْطِرَ، والأرضَ أنْ تُنبِتَ فتُنبِتَ، فيَقَعُ كلُّ ذلك بقُدْرَةِ اللهِ تَعالى ومَشيئتِه؛ حِكمةً وابتلاءً منه سُبحانَه للصَّادِقينَ في إيمانِهم والكاذِبينَ، ثُمَّ يُعجِزُه اللهُ تعالَى بعدَ ذلك، ويُبطِلُ أمْرَه، ويَقتُلُه عِيسى صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ، ويُثبِّتُ اللهُ الَّذين آمَنُوا

“Dan dajjal adalah seseorang dari kalangan cucu Adam. Dia mengklaim dirinya sebagai Tuhan. Allah memberikannya kemampuan untuk melakukan beberapa hal yang mana itu di luar kemampuan manusia pada umumnya. Yaitu menghidupkan orang yang telah mati yang sebelumnya ia bunuh. Dan ia bisa menampakkan bunga-bunga dan padang rerumputan yang sebelumnya sangatlah gersang. Dan ia bisa menampakkan surga dan nerakanya, begitu juga dengan sungai-sungainya. Dan ia mampu memperlihatkan pembendaharaan bumi miliknya. Dan ia mampu untuk memerintahkan langit agar hujan, maka turunlah hujan. Dan dia mampu memerintahkan bumi untuk segera menumbuhkan tanaman-tanaman, maka tumbuhlah tanaman-tanaman tersebut. Maka hal ini semua terjadi dengan takdir Allah dan kehendakNya. Ini semua kebijakan dan ujian dari Allah ta’ala sebagai ujian untuk orang-orang yang jujur dalam keimanan mereka ataupun orang-orang yang dusta dalam iman mereka. Kemudian Allah jadikan ia tidak mampu kembali untuk melakukan hal tersebut dan Allah hilangkan semua kemampuannya. Dan kemudian Isa alaihissalam membunuhnya, dan Allah menetapkan hati orang-orang yang beriman di atas keimanan mereka” (https://dorar.net/hadith/sharh/20730)

Bersambung.....

Penulis: Ust. Abdurrahman Al-Amiry [Mudir Ponpes Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel]

Abdurrahman Al-Amiry adalah seorang penuntut ilmu dan pengkaji islam, serta mudir atau pimpinan ponpes Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel. Keseharian beliau adalah mengajar dan berdakwah di jalan Allah. Beliau menghabiskan waktu paginya dengan mengajar para santri dan menghabiskan waktu malam dengan berdakwah lepas di berbagai masjid..

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Me

Adress

Ma'had Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel

Phone number

+62 89520172737 (Admin 'Lia')

Website

www.abdurrahmanalamiry.com