Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Senin, 28 Januari 2013

Hukum Shalat Perempuan Baligh Menggunakan Cadar



Salah seorang murid saya bertanya : ust, kita boleh nggak shalat menggunakan cadar?

Maka saya menjawab :
Bismillah, walhamdulillah.
Rasulullah memerintahkan kepada kita untuk sujud di atas 7 anggota tubuh kita, yg pertama Kening beserta hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kaki.
Nah, 7 anggota badan tersebut jangan sampai ada yg menghalangi dari tempat sujud kita.
Nah jika perempuan memakai cadar, maka tentunya hidung nya tidak langsung menyentuh tempat sujud, namun terhalangi oleh cadar nya.
Maka dari itu, perempuan yg sudah baligh, jika shalat di rumah tidak boleh memakai cadar maupun sarung tangan.
Akan tetapi jika shalat di masjid atau tempat lain yg di situ ada leleaki, maka harus pakai cadar karena di takutkan akan terjadi fitnah.
Kalau sperti kalian yg belum baligh, lebih bagus shalat tanpa cadar dan sarung tangan.

Begitu juga dengan seorang lelaki, jika dia shalat maka harus di usahakan agar kopiah nya tidak tmenghalangi kening dari tempat sujudnya. Karena kening harus menyentuh tempat sujud, sebagaimana yg telah di jelaskan oleh syaikh muhammad bin sholih al utsaimin dalam kitab nya syarhul mumti'

Allahu a'lam




Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di kajianmanhajsalaf.blogspot.com dengan menyertakan kajianmanhajsalaf.blogspot.com sebagai sumber artikel

Abdurrahman Al-Amiry adalah seorang penuntut ilmu dan pengkaji islam, serta mudir atau pimpinan ponpes Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel. Keseharian beliau adalah mengajar dan berdakwah di jalan Allah. Beliau menghabiskan waktu paginya dengan mengajar para santri dan menghabiskan waktu malam dengan berdakwah lepas di berbagai masjid..

1 komentar:

Contact Me

Adress

Ma'had Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel

Phone number

+62 89520172737 (Admin 'Lia')

Website

www.abdurrahmanalamiry.com