Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Abdurrahman Al-Amiry

Kamis, 21 Mei 2015

Hukum Menguburkan Hewan Yang Sudah Mati


Apakah disyari’atkan untuk menguburkan hewan yang sudah mati? Ataukah cukup dibuang jauh-jauh saja? Adakah islam memerintahkan untuk menguburkan hewan yang sudah mati?

Maka jawabannya tidak ada perintah baik dari Al-Quran maupun Hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang memerintahkan untuk memnguburkan hewan yang sudah mati.

Maka jika menguburkannya dapat menghilangkan bau bangkai yang akan menyebar, maka disyari’atkan bagi kita untuk menguburkannya. Begitu pula, boleh bagi kita untuk membuangnya jauh-jauh dari perumahan manusia tanpa menguburkannnya, sehingga orang-orang tidak akan ada yang terganggu dengan bau bangkai tersebut.

Sehingga yang menjadi patokan adalah  bagaimana agar manusia tidak ada yang terganggu dengan bau bangkai yang menyebar, baik itu dengan membuangnya jauh-jauh atau cukup dengan menguburkannya saja. Karena tidak ada nash baik dari Al-Qur’an maupun Hadits mengenai masalah ini.

Lajnah da’imah yang dipimpin oleh syaikh Bin Baaz rahimahullah pernah dimintai fatwa dalam masalah hal ini.

Pertanyaan:

أود أن أسألكم عن الهوام، مثل الحية والداب، وغيرها من الهوام، إذا قدرني الله عليها وقتلتها، هل أقوم بدفنها، أو أتركها مكشوفة على الأرض؟ علما أننا لم نتركها ولا زلنا نقوم بدفنها، ولا نعلم هو خطأ أم صح. أفتونا جزاكم الله خيرا وعظم لكم الأجر والثواب

“Aku ingin bertanya mengenai hewan seperti ular dan hewan melata atau selainnya dari hewan-hewan yang ada. Jika Allah takdirkan aku membunuh hewan tersebut apakah aku harus menguburkannya atau boleh bagiku untuk membiarkannya saja diatas bumi? Akan tetapi aku tidak membiarkannya saja ketika membunuhnya dan aku menguburkannya. Dan aku tidak mengetahui apakah perbuatan aku ini salah atau benar. Maka berilah fatwa kepada kami Jazakumullah khairan dan semoga Allah memperbesar ganjaran dan pahala untukmu”.

Jawab:

الأمر في ذلك واسع؛ لأنه لم يرد في الشرع نص يدل على مشروعية دفنها، ولا على النهي عن ذلك، والأولى دفنها لئلا يتأذى بها أحد وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

“Perkaranya adalah perkara yang luas (boleh kamu melakukan keduanya), karena tidak ada nash yang mensyari’atkan untuk menguburkan hewan yang sudah mati dan tidak ada yang melarangnya. Akan tetapi yang lebih utama bagimu adalah menguburkannya agar tidak ada satu orang pun yang terganggu darinya. Wabillahit taufiiq. Wa shallallahu alaa nabiyyinaa Muhammad wa shahbihi wa sallam” (Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah 8/444-445)

Sehingga boleh bagi kita membuangnya jauh-jauh atau cukup menguburkannya saja.

Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah melewati kambing yang sudah mati namun beliau tidak memerintahkan para sahabatnya untuk menguburkannya. Bahkan sebaliknya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan para sahabatnya untuk mengambil manfaat dari kambing tersebut.

Ibnu Abbas radhiyallahu anhu berkata:

تُصُدِّقَ عَلَى مَوْلَاةٍ لِمَيْمُونَةَ بِشَاةٍ فَمَاتَتْ فَمَرَّ بِهَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: «هَلَّا أَخَذْتُمْ إِهَابَهَا فَدَبَغْتُمُوهُ فَانْتَفَعْتُمْ بِهِ؟» فَقَالُوا: إِنَّهَا مَيْتَةٌ فَقَالَ: «إِنَّمَا حَرُمَ أَكْلُهَا»

“Seorang budak milik Maimunah, disedekahkan kepadanya seekor kambing kemudian kambing tersebut mati. Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melewatinya dan berkata kepada para sahabatnya: Tidakkah kalian mengambil hewan yang sudah mati ini dan kemudian kalian samak sehingga kalian mengambil manfaatnya? Maka para sahabat berkata: Sesungguhnya dia sudah menjadi bangkai. Maka Rasulullah bersabda: Sesungguhnya yang diharamkan adalah memakannya” (HR. Muslim)

Dalam hadits diatas, Rasulullah tidak memerintahkan untuk menguburkan hewan yang sudah mati, bahkan beliau menganjurkan untuk mengambil manfaatnya.

Comtoh: Kita memelihara burung, kemudian tiba-tiba burung tersebut mati, maka boleh bagi kita untuk tidak menguburkannya dan kita hanya mengambil manfaatnya saja, semisal kita berikan burung tersebut yang sudah mati kepada seeokor kucing untuk dimakan dengan syarat kita mengetahui bahwa daging tersebut masih bagus untuk dimakan oleh hewan lainnya.


Berbeda dengan manusia, maka jika manusia telah wafat maka harus segera kita kuburkan dan itulah cara memuliakannya.

Maka ini yang dapat kami paparkan, semoga bermafaat. Wa shallallahu alaa nabiyyinaa Muhammad.



Artikelalamiry.net (Kajian Al Amiry)

Anda diperkenankan untuk menyebarkan, re-publikasi, copy-paste atau mencetak artikel yang ada di alamiry.net dengan menyertakan alamiry.net sebagai sumber artikel.


Ikuti status kami dengan menekan tombol follow pada akun FB Muhammad Abdurrahman Al Amiry , dan tombol follow pada akun Twitter @ma_alamiry

Abdurrahman Al-Amiry adalah seorang penuntut ilmu dan pengkaji islam, serta mudir atau pimpinan ponpes Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel. Keseharian beliau adalah mengajar dan berdakwah di jalan Allah. Beliau menghabiskan waktu paginya dengan mengajar para santri dan menghabiskan waktu malam dengan berdakwah lepas di berbagai masjid..

34 komentar:

  1. Islam mengajarkan memperlakukan jasad atau bangkai dengan layak / pantas dan seorang KAFIR yang membakar hewan / binatang dalam keadaan hidup atau keadaan mati !!!
    Pernah terjadi untuk menghindari penyakit flu burung memusnahkan burung harus dibakar dalam keadaan hidup-hidup, KAFIR orang yang melakukannya sebab dapat dilakukan dengan cara menguburkannya di tanah yang dalam dan jauh dari pemukiman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedihh kelinciku jg td siang mati 😭

      Hapus
    2. Kelinciku juga Mati😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭

      Hapus
    3. Jangka waktu 3 hari kelinci kesayangan anakku mati 2 ekor
      Padahal udah dirawat sebaik-baiknya
      Dan dikasih pakan yg terbaik 😔😔😔

      Hapus
    4. Kelinci aku juga mati padahal udah angsih perawatan yang terbaik udah kasih pakan yang terbaik kelinci aku dua dua nya mati 😭😭😭😭

      Hapus
  2. Informasi bermanfaat. Jelas memakamkan kucing sah sesuai sunnah. Daripada hewan mati dibuang atau dibakar, lebih baik sayangi hewan... ☺

    BalasHapus
  3. ;(( kucing saya baru saja mati karena tertabrak motor. Orang yang menabrak hanya minta maaf saja dan langsung pergi. Saya langsung menguburkannya didepan rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedih :'( hari ini baru saja kucingku mati.. tertabrak juga.... rasanya nyesekk banget..
      pengen bnget minta ke allah,, kucing tersebut dilahirkan sebagai kucing yang lain kembali,, sdh terlanjur syg :( :( :(

      Hapus
    2. Jam 14.03 kucing ku mati karna sdh beberapa hr ini tdk mau makan ... Sdh mendatangi dokter tp apa daya .... Mgkn saatnya grey kucing ku mati... Slamat jalan grey... Sedih bgt

      Hapus
    3. Hari ini ada 4anak kucing mati karena digigit oleh kucing jantan sekarang ibunya mengeong" mencari anaknya

      Hapus
    4. Hari ini kucing ku mati entah apa penyakit nya badan nya dingin lemas sebelum itu dia gk bisa jalan:'(

      Hapus
    5. Hari ini Allah minta kembali ciptaanNya yg dy titipkan ke aku, suami dan kucing kesayangan kami meninggal hanya selisih hitungan bulan saja. Semoga Allah mempersatukan aku, alm.suami, alm.kucing kami oyen dan kucing kecil kami lulu di akhirat nanti 🙏😢

      Hapus
  4. wah makasih nih infonya gan...
    saya menemukan 4 bayi kucing di belakang sekolah lalu 3-nya mati dan 1 yang tersisa. kuambil kucing yang masih hidup dan kubawa pulang, sementara 3 lainnya kutinggalkan. dan sekarang kucing tersebut juga mati karena kuabaikan t_t dan ingin kutinggal juga. lalu ibuku berkata lebih baik dikubur karena ia bukanlah barang sampah...
    makasih buat infonya ya gan sekalian buat agan2 yang kalau melihara hewan harus tanggung jawab, jgn ditinggal oke!

    BalasHapus
  5. Saya tak sengaja memelihara seekor anjing fitbul.
    Fitbul tersebut sperti biasa klw malam atw pun saya selalu ikat..
    Di lingkungan saya terdapat beberap kucing yg sering berkeliaran..
    Pada suatu malam tak di ketahui anjing pitbull itu terlepas..saya tangkap dan saya bawa ke kandang nya..kaget pas mau ke kandang nya tiba2 ada kucing tergeletak kaku ..sperti ada gigitan ..
    Perkiraan itu karna pitbul peliharaan saya..
    Saya kuburkan kucing tersebut dgn rasa sedih dan bersalah karna keteledoran saya yg ga bisa menjaga pitbul itu..

    Semoga ini jadi pelajaran..
    Saya merasa tlah lalai..
    Saya menyayangi hewan..
    Tpi sedih jika itu mati..apalagi kucing..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa bukan kamu saja yng mati, kasian kucing itu, gara2 anjing sialan mu itu

      Hapus
  6. Asslm. Boleh saya tanya? Kalau ikan dan lobster saya mati dan saya kuburkan sebagai tanda kesedihan dan menghargai sesama mahluk boleh g? Padahal masih layak makan (kan diperbolehkan makan bangkai ikan), trims ;((

    BalasHapus
  7. Perlakukan makhluk hidup lain sedemikian kalian ingin diperlakukan. Pake akal jg hati nurani.. apa yang kalian lakukan akan kalian tuai. Mau kalian itu muslim atau non muslim. Kita semua jg akan mati kok suatu hari nanti. Salam

    BalasHapus
  8. Semoga kita semua selalu dapat menjadi manusia yg bermanfaat untuk semua hal yg Tuhan ciptakan di seluruh jagad raya ini...Amin😊

    BalasHapus
  9. Trimakasih info nya.. di tempat kerjaan saya.. saya nemuin kucing kecil mati.. tadi nya pgn saya kubur.. udah saya gali sedikit kuburan nya saya serch di google cara mengubur kucing.. dan ternyata gk di kubur gpp.. ywdah saya tutup lagi galian saya dan tinggal pulang.. gak salah kan ya?

    BalasHapus
  10. waduh saya barusan nabrak kucing. kemudian saya kubur dan saya doakan. alasan saya karena tidak tega melihatnya karena mereka juga makhluk hidup. seandainya kita yang jadi kucing, apakah kalian tega membiarkannya begitu saja. perasaan saya sedih sekali ketika melihat hal yang seperti itu jika di biarkan dan tidak di kubur.

    BalasHapus
  11. beberapa hari lalu pas lagi nyuci motor depan rumah ada kucing kecil, kondisi basah, lemas. terus dia duduk duduk diatas sendal diteras rumah. kasihan lihatnya, akhirnya istriku kasih kotak kardus buat dia tidur-tidur, langsung masuk lah itu kucing ke dalam kardus. tapi anehnya dikasih makanan tidak mau, minum tidak mau. sampai beberaoa hari dia tidur-tidur saja tanpa pindah, tanpa bersuara, tapi masih respon kalau ada orang mendekat. tapi hari ini kulihat dia sudah kaku (mati). kasihan

    BalasHapus
  12. Saya mau tanya... Saya sempat kerap memberi makan kucing liar yang sering datang kerumah. Sampai suatu hari kucing itupun melahirkan 4 ekor bayi kucing di rumah saya. Saya biarkan karna saya kasihan. Saya rawat induk kucing dengan memberinya makan selalu. Kemudian entah kenapa induk kucing ini mati di depn rumah tetangga saya sedangkan anak kucing masih berumur 1 minggu. Sejak saat itu saya berusaha menjaga bayi kucing itu agar tetap hidup tanpa induknya.. 1 bulan kemudian 2 dari 4 bayi kucing itu mati tersisa 2 yang juga mulai lemas. Pertanyaannya. Akankah saya berdosa besar karna tak mampu merawat mereka sehingga mati ???

    BalasHapus
  13. Apakah boleh kucing yg sudah mati berbau tidak sedap kita bakar??

    BalasHapus
  14. Hari ini kucingku mati. aku dengan adiku menguburkanya secara layak, tangis haru pecah karena kami sudah menggap dia seperti anggota keluarga, binatang juga makhluk ciptaan Alloh jadi sebaiknya dihormati ketika dia sudah mati. Alangkah baiknya menguburkanya dari pada dibuang begitu saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marmut saya mati:(,semalam niatnya saya mau bersikan dia dan kandangnya.karena hari hujan dan dingin gak jadi karna takut dia kedinginan.dan saya kasih makan aja dia dikit karena takut makanan nya kotor.dosa gak aku karna marmut ku mati :(? Tapi sudah ku kubur dia dengan layak.

      Hapus
  15. Kucing kesayanganku mati kena pukul ayah itu rasanya nyesek banget kayak baru ajah putus cinta padahal bukan aku yang bunuh tapi aku yang paling berduka karna terpikir dengan dosa yang ditanggung ayah ku sendiri akibat telah membunuh kucing tersebut. Mau dinasehatin takut dimarahin mau dibiarin aja aku kepikiran dengan dosanya karna dia ayahku. Bagaimana aku sekarang?
    Maaf curhat sedikit.

    BalasHapus
  16. Kelinci say td siang sdh mati kaku ,gk tau kenapa ..biasanya sehbis antr ank ke skolah si mbk belikan kangkung , ini td pagi kangkungnya gk mau dimakan tp dia sempat gerak2 si kelincinya 😭 pas siang ditengok lg sama si mbk , kangkungnya msh utuh tp badanya kelinci sdh kaku mati 😭😭😭😭 saya sedih sekali krn kelinci itu sdh hampir 2thn sya rawat stiap hari stiap pagi pasti saya belikan kangkung 😭 td saya kuburkan dgn kenagkung trakhir kali nya yg gk sempat dia makan 😭😭😭😭 saya bnr2 sedih , saya kuburkan dia dgn tangan saya .. Saya alaskan badany dgn kangkung makanan sehari2nya dia . Sedihhh bngettt ,pas mau sy kubur kupingnya kaya gerak dikit .. Duhh sedihh nyaaaaa ,matinya pas mlm jumat . Smogaaa masuk surga allah Aamiin ..

    BalasHapus
  17. Terima kasih banyak, setidaknya saya tahu hukumnya boleh.

    BalasHapus
  18. Burung Lovebird saya tadi mati

    BalasHapus
  19. Saya ada terjumpa kucing .. lpstuw sy baru nak ambil kucing tuw nak bagi makan kat Dy .. terus motor dgn lajunya melanggar tanpa sengaja .. sy pun sedih+marah kerana sy baru sahaja nak beri makan kat kucing tu, org pegi langgar pulakk, apalagi sy tahan tu motor sy suru org tu makan , makanan kucing tersebut .. lalu org tersebut menguburkan kucing itu ditemani dgn sarapan pagi iaitu (Whiskas comel) ...Tamat ..

    BalasHapus

Contact Me

Adress

Ma'had Imam Al-Albani, Prabumulih, Sumsel

Phone number

+62 89520172737 (Admin 'Lia')

Website

www.abdurrahmanalamiry.com